12 October 2016

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Demi Ngayogjazz 2016 yang Lebih Seru

  2 comments
Do's Don'ts Ngayogjazz 2016

Panggung musik jazz yang mengusung berbagai kearifan lokal sekaligus mempromosikan berbagai potensi desa wisata di Yogyakarta dan sekitarnya akan memasuki babak ke-10 tahun ini. Ngayogjazz 2016 - Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama.

***

Tahun ini adalah tahun ke-5 saya tinggal di Jogja. 3 tahun kuliah, sisanya digunakan untuk mencari jati diri (sampai sekarang). Dan selama itu, saya berkesempatan menghadiri Ngayogjazz (sebagai pengunjung tentunya, bukan sebagai pihak penyelenggara, apalagi artist hehehehe) sebanyak 3 kali (2013, 2014, 2015). Satu kata yang dapat mewakili itu semua adalah fantastis.

Ngayogjazz bukan merupakan panggung jazz yang diselenggarakan di gedung mewah berkursi empuk dengan harga tiket sekian puluh atau ratus ribu. Pagelaran musik jazz yang satu ini diselenggarakan agak jauh dari pusat kota Jogja, panggung di tengah-tengah dusun, dan hamparan sawah akan menyambut semua orang yang ingin menghadiri Ngayogjazz. It's pretty cool, isn't it?

Namun semua itu akan terasa kurang sempurna kalau kamu kurang mempersiapkan kehadiranmu di Ngayogjazz. Apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Do’s

1. Pakai sandal jepit. November adalah bulan di mana hari-hari dipenuhi awan gelap dan rintik hujan. 3 kali saya ke Ngayogjazz, tiga-tiganya selalu hujan. Sayangi sepatumu, sayangi kesehatanmu.
2. Bawa jas hujan. Jangan sampai hujan menghalangimu untuk menikmati pagelaran yang satu ini. Menonton sebuah panggung di Ngayogjazz lengkap dengan satu set jas hujan bukan suatu hal yang tabu lagi. :p
3. Siapkan uang cash secukupnya. Sudah saya katakan di atas bahwa Ngayogjazz akan lumayan jauh dari kota, dan pasti ATM akan susah ditemukan. Bawa uang yang sekiranya cukup untuk bayar parkir, beli jajan/makan, beli air minum, dan jangan lupa beli merchandise Ngayogjazz! Nggak perlu lah bawa uang cash yang cukup buat beli Honda Jazz.
4. Isi penuh baterai smartphone kamu. Nyari ATM aja susah, apalagi nyari colokan bersahabat dengan para pengguna smartphone. Lebih baik charge sampai penuh dulu smartphone-mu sebelum berangkat ke Ngayogjazz.

Don’ts

1. Minimalisir pemakaian payung. Sebenarnya bukan tidak boleh, sih. Saya menyarankan saja supaya tidak menggunakan payung selama Ngayogjazz ini. Payung kan letaknya di atas kita, tingginya panggung juga nggak seberapa, kasihan orang yang di belakang kita jika kita memakai payung. Ya kan? Lagian lebih asyik pakai jas hujan kok. :D
2. Nggak usah bawa kamera. Kalau memang cuma buat gaya-gayaan atau selfie-selfie, mending pakai kamera ponsel saja. Kameramu nantinya malah bakalan bikin kamu ribet sendiri saat menonton panggung yang lagi ramai-ramainya.
3. Jangan bawa makanan/minuman. Bawa jajan sendiri cuma berat-beratin tas kamu aja. Nggak ada salahnya dateng ke Ngayogjazz sambil nyicipin jajanan/makanan khas yang dijual oleh warga-warga. Enak-enak lho. Dan juga, kembang desanya, ehem…
4. Jangan merokok saat menonton panggung. Kasian penonton yang lain kalau kamu merokok pas panggung lagi rame-ramenya dan kamu di tengah-tengah mereka. Kalau merokok pas lagi di warung mah nggak papa. :D

Inget ya do’s and don’ts di atas. Jangan lupa kasih tau teman-teman kamu yang mau nonton Ngayogjazz 2016 juga. Demi Ngayogjazz 2016 yang lebih seru. \o/


NB: Kalau kamu punya do’s atau don’ts lainnya, tulis aja di kolom komentar. 

2 comments :

  1. Replies
    1. Halo, Santy. Ngayogjazz ini FREE kok. Kamu tinggal dateng aja ke lokasi dan nikmatin deh artis-artis yang tampil. :D

      Delete