20 April 2016

Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal di Perantauan

  3 comments
Hola! It’s been a long time without you my blog. Ciye bacanya sambil dinyanyiin. :p

Beberapa hal yang perlu kalian tau adalah 1) Saya sudah lulus kuliah dan teman-teman SMA saya banyak yang belum lulus (--,) *lalu dikroyok*; 2) Belakangan kegiatan saya lebih banyak ke koding (</>); dan 3) Saya jom… okay, let’s talk about what I want to share now.

Sebenarnya saya nggak sibuk-sibuk amat, cuma karna kebanyakan koding otak saya jadi males banget buat diajak kerjasama buat nulis postingan blog. Koding itu nggak capek fisik, tapi capek pikiran. Sebenarnya saya tetep nulis, sih, cuma nggak di-share aja karena terlalu sampah. Kebanyakan nggak penting, kek paragraf pertama sampe sekarang ini. Ehe…

Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantaauan

Saya sudah hampir 4 tahun ini merantau di Jogja, dan berbekal pengalaman itu, saya ingin share tentang Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantauan. Gimana nih judulnya menurut kalian? Judulnya udah catchy banget khan? Udah mirip artikel-artikel populer jaman sekarang khan? (--,)

Kamu harus tau bahwa ternyata banyaaak banget hal yang udah males-malesan kita kerjain di rumah (malah bahkan kadang nggak dikerjain sama sekali) padahal itu penting. Padahal kalau kamu merantau kamu butuh skill dari hal yang kamu lakuin males-malesan itu supaya hidup kamu tetap berkualitas. Beberapa hal itu di antaranya adalah

1. Cuci Baju
Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantaauan
Kalau kamu termasuk golongan orang-orang yang "Buang Baju Habis Pakai", selamat, kamu nggak perlu skill ini. Buat kamu calon anak rantau dan belum terbiasa cuci baju sendiri, saat kamu merantau kamu harus terbiasa sama kerjaan ini. Sekalipun tukang londri baju pasti nyebar di mana-mana (kek alfamart & indomaret), tapi pasti ada saat di mana kamu harus nyuci baju sendiri. Trust me.

2. Lipat & Setrika Baju
Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantaauan
Udah jelas kalau skill cuci baju sendiri harus satu paket sama lipat & setrika baju. Selain nantinya baju-baju kamu bisa lebih rapi dan bersih, kamu juga bakalan punya keuntungan lain kalau udah luwes lipat & setrika baju sendiri. Misal gini, kamu anak kuliahan dan pengen dapet uang jajan tambahan, cara paling gampangnya adalah dengan jualan. Contoh jualan baju yang sistemnya dropshiper jadi nggak perlu modal sama sekali. Berbekal skill lipat & strika baju itu, dagangan kamu pasti akan selalu rapi. Nah kalau jaualanmu rapi dan enak diliat pasti bakalan jadi lebih menarik, kan? ;)

3. Cuci Piring
Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantaauan
Semua orang butuh makan, buat makan butuh piring *MASAAA SEEEH*.. Selama kamu merantau, pasti ada saatnya kamu bakalan makan di kosan pake piring. Kalau di rumah kamu setelah makan kamu biasa tinggalin piring kotor di tempat cuci piring, mulai sekarang kamu harus kurangin kebiasaan itu. Setelah makan, buang aja piringnya biar nggak repot nyuci piring. Ah sorry, udah ngelantur nggak lucu pula.

4. Nyapu!
Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantaauan
Kamu sadar nggak kalau piket seminggu sekali di sekolah (SD-SMA) itu adalah investasi jangka panjang? Kalau kamu nggak sadar, sekarang kamu harus sadar. Piket di sekolah itu pasti identik sama nyapu kelas pagi-pagi sebelum bel masuk bunyi, betul? Nah sebenarnya selama itu (dari SD-SMA) kamu dilatih biar jadi orang yang bersihan (bukan jadi petugas kebersihan, lho). Sebenarnya kamu dilatih biar kalau merantau nanti, kamar kos kamu bisa bersih tiap hari karna ada yang nyapu. Ya, tentu saja ibu kosmu yang nyapu. Huft, ya nggak lah. Kamu sendiri yang nyapu.

5. Beli Garem
Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantaauan
Kamu yang sering jawab "Yaaa bentaaaar" pas disuruh ibumu beli garem, terus kamu nggak beli-beli dan akhirnya ibumu beli sendiri, pasti akan nyesel kalau kamu udah merantau. Ibu kamu nyuruh kamu beli garem itu bukan semata-mata karena ibu kamu males/nggak sempat, tapi ibu kamu juga pengen kasih sedikit pelajaran gimana cara "beli garem" di warung kelontong secara efektif dan efisien. Sebenarnya, saat kita beli garem itu, secara nggak langsung kita udah "kenalan" sama warung kelontong. Kenalan di sini maksudnya, kita jadi tau kondisi warung kelontong dan apa aja yang ada di sana. Karena sesungguhnya barang-barang yang dijual di warung kelontong adalah barang-barang yang akan menyelamatkan hidupmu di perantauan suatu saat nanti. Boom!

Itu dia, buat kamu terutama anak-anak SMA yang kemaren abis UN, mumpung masih banyak waktu di rumah lebih baik kamu belajar lakuin hal-hal di atas sebelum kamu merantau di kota orang. Jangan terlalu mikir main terus, karena kalau udah merantau nanti, kamu bakalan lebih bebas kalau mau main, kok. Itung-itung bantuin orang tua di rumah, kan?
Okay, that’s all. Bye!


NB: kalau kamu kepikiran tentang Hal-Hal Yang Malas Kita Lakukan Saat Di Rumah Padahal Penting Untuk Bekal Di Perantauan lainnya, tulis aja di kolom komentar. \o/

3 comments :

  1. Mas, tulisan "Di" itu d-nya pake huruf kecil. I think 😊

    ReplyDelete
  2. Mas, tulisan "Di" itu d-nya pake huruf kecil. I think 😊

    ReplyDelete