17 September 2014

Kenapa Harus Google Chrome

  No comments
Saya kuliah komputer, tapi selama ini postingan blog saya malah nggak pernah ngebahas sesuatu yang berhubungan dengan komputer, mayoritas gegalauan. Pft. Maka dari itu, kali ini saya mau coba menulis postingan yang isinya memuat tentang keunggulan google chrome. Enggak, saya nggak dibayar sama google buat bikin postingan ini, ini murni karna saya sayang kamu. :')

***
Google Chrome

Kamu tau kan saya sayang sama kamu? Duh, fokus, Crit, fokus… baiklah. Kita ulangi.
Seperti yang kita tau, di dunia ini ada banyak browser yang bisa kamu pilih. Ada Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Browser, Safari, UC Browser, dan masih banyaaaaaaaaak lagi. Masing-masing dari browser tersebut pasti mempunyai keunggulan tersendiri (kecuali yang pertama saya sebutkan :p). Berhubung saya pengguna Google Chrome, maka yang akan saya bahas di postingan ini adalah mengenai keunggulan Google Chrome.
Jauh sebelum mengenal Google Chrome, browser pertama yang saya kenal adalah Internet Explorer. Saya dikenalkan kepada Internet Explorer oleh guru TIK sewaktu saya SMP. Ibarat cinta, mungkin Internet Explorer ini cinta pertama saya. Uh.. :')

Karena saya ingin mengenal lebih jauh tentang internet dan Internet Explorer, saya mulai pindah tempat main, yang biasanya main ke rental PS 2 sepulang sekolah, saya mulai main ke warnet-warnet dekat sekolah.
Di warnet, saya dikenalkan pada Mozilla Firefox oleh mas-mas penjaga warnet. Kata mas warnet, Firefox ini lebih cepat berkali-kali lipat dari Internet Explorer, dan lebih canggih. Setelah saya buktikan, ternyata benar. Cinta pertama saya perlahan luntur, saya mulai mencintai Firefox. Semenjak pertemuan kita di warnet, saya selalu memakai Firefox sampai saya kuliah. Maaf aku meninggalkanmu, Internet Explorer. Mungkin ini jalan terbaik yang Tuhan tunjukan bagi kita. :')

Semasa kuliah saya kenal dengan anak yang cuek tapi sebenarnya peduli, dia lah Avin (baca tentang Avin di sini). Avin ini yang membuat saya jatuh hati pada Google Chrome. Sebelumnya saya memang tau kalau Google Chrome itu ada, namun saya tetep kekeuh pada Firefox. Namun, pada akhirnya saya tetapkan pilihan saya pada Google Chrome. Entahlah, di kesempurnaan yang kamu miliki sekarang, ternyata selalu saja ada yang lebih sempurna di luar sana. Dunia memang keren.
Kok malah cerita masa lalu kamu sih, Crit? Katanya mau nulis keunggulan Google Chrome? Huh bete!
HAHAHAHAHAHAHAHAHA kan basa-basi dulu keles.. ~~~~\o/
Baik lah. Mari kita mulai membahas keunggulan Google Chrome!
Menurut pengalaman dan pengamatan saya, Google Chrome itu:

1.   Stabil
Pernah nggak sih kamu browsing tapi cepet banget mancing emosi kamu karna browsernya loading terus? Kamu jadi nyalahin koneksi internetmu, padahal browsermu yang lemot. Kalau pernah, maka kamu perlu mencoba Google Chrome. Chrome ini stabil; kalau internet kamu cepet, buat browsing, facebook-an, twitter-an, youtube, dsb pasti lancar-lancar aja. Kalau internet kamu kurang cepet, Chrome emang nggak bisa bikin cepet, tapi bisa stabil. Eh, kamu ngerti nggak sih apa yang saya maksud? Saya aja bingung.

2.   Included FlashPlayer
Pernah nggak kamu lagi pengen liat video-video saru lucu di youtube, eh malah youtubenya nggak mau buffering. Malah muncul kek gini:
adobe flash player

Yak betul. Itu karena kamu belum menambahkan plugin flashplayer pada browser kamu. Tapi semua itu akan sirna kalau kamu memakai Chrome. Nggak perlu nambahin plugin flashplayer lagi, kamu bisa langsung buka youtube jika Chrome kamu sudah terinstall di PC/laptop kamu. Sederhana bukan? Iya, sesederhana saat awal kita jumpa. :')

3.   Cloud Service
Sejujurnya saya nggak tau yang satu ini (harusnya) namanya apa, tapi saya sebut saja Cloud Service. Hahahahahaha.. *plak*
Intinya adalah kalau kamu udah sign in di Chrome pake akun Google kamu, maka bookmark, setting, bahkan sampai theme Chrome kamu bakal di-BACKUP sama si Chrome ini. Wah hebat ya..
Cara sign in di Chrome gimana, Crit?
Gini nih..


1. Pastikan kamu udah follow akun @brianmadhan. *lhah* enggak, enggak. Kamu masuk Chrome, lalu klik tombol menu (yang ada di pojok kanan atas, bukan yang tanda silang, itu exit woi!

Menu Google Chrome

2. Klik sign in
Sign In Google Chrome

3. Masukkan akun dan password kamu

4. Selesai

Terus cara restorenya gimana?
Kamu tinggal sign in aja ke Chrome kamu, maka kalau device kamu bisa koneksi ke internet, si Chrome bakal otomatis restore/synchronising device kamu dengan backup-an yang udah ada di akun kamu.
Kamu pengen bookmark yang ada di PC kamu juga ada di smartphone kamu? Bisa. Bisa banget. Bisa banget-bangetan. *halah* caranya? Caranya tinggal sign in aja di Chrome yang ada di smartphone kamu, maka otomatis Chrome bakal sinkronasikan apa yang ada di Chrome PC kamu ke Chrome smartphone kamu. Gampang kan? :D

4.   Save as PDF
Mau ngeprint dari halaman web, tapi printer nggak ada atau lagi rusak, jadi terpaksa numpang ngeprint di rumah temen. Tapi di rumah temen nggak ada koneksi internet, beh, gimana ya? Nah, kamu bisa save as pdf apa yang mau kamu print dulu, baru bawa ke rumah temen kamu. Simpel! Caranya gini nih:
  1. Pastikan halaman yang mau kamu print sudah benar. Kalau salah ya itu salahmu. Hahahaha…
  2. Klik “print” (kalau ada perintah print di halaman web yang pengen kamu print), atau tekan ctrl+p. Maka akan muncul tampilan seperti ini:
    Print Google Chrome
  3. Pada bagian destination, kamu change, lalu pilih Save as PDF
    Save as PDF Google Chrome
  4. Kalau settingan udah sesuai sama apa yang kamu mau, save aja. Kelar. Udah jadi PDF. Gampang, kan? :D
5.   Task Manager
Task Manager Google Chrome

PC/laptop kamu jadi lemot kalau lagi internetan? Mungkin terlalu banyak tab yang kamu buka, hingga akhirnya membuat banyak memori yang terpakai. Cara ngatasinnya gimana? Pakai task manager di Chrome!
Tinggal tekan shift+esc, maka akan keluar task manager Chrome kamu. Tinggal pilih deh tuh mana yang mau kamu ‘bunuh’ biar PC/laptop kamu nggak terlalu lemot. ;p

Yak itulah kenapa kamu harus memakai Google Chrome. Kalau setelah kamu baca postingan ini kamu nggak install Google Chrome di PC/laptop kamu, maka saya nggak akan melakukan tindakan apapun. 


NB: kalau kamu punya alasan lain kenapa harus google chrome, boleh kamu share di komeng box di bawah ini. Thanks for reading. :)

No comments :

Post a Comment