20 March 2012

Review: SKRIPSHIT!

  4 comments

US telah usai… #hore! US telah usai… #hore! #hore! #hore! #nariToriTori #lariKelilingLapanganFutsal #telanjang
First of all, I’d give thankfull to Allah SWT because School Examination was over, and it’s mean, I can breathe fresh air again starting today. #bahagiaItuSederhana #grammarGueAncurBanget
        Terimakasih juga buat Bokap, Nyokap, Adek-adek gue yang udah support gue dalam US kali ini, dan juga tak lupa terimakasih yang se.. se.. seapaajadeh buat seluruh anak kelas XII IPA 4, terutama Opang & Depi, yang udah rajin ngasih contekan ke gue. Tunggu aja pulsa goceng tiap malem di hape kalian! XD

~~~~~~

Ini novel ke-4 yang gue beli (gak penting sih), dan ini novel pertama yang habis gue baca dalam satu hari. #bangga B) Oke, lanjut aja deh ke reviewnya. Wush~!

Judul : SKRIPSHIT
Pengarang : Alitt Susanto
Penerbit : Bukuné
Tebal Buku : viii + 296 halaman
Cetakan : Pertama
Harga : Rp. 41.000 free ongkir (kalo nitip temen :p)

“Semoga novel ini bisa menjadi semacam ‘penebusan’ dari karya-karya gue sebelumnya yang mungkin kurang memuaskan buat kalian” (kata pengantar). Dari sini bisa gue simpulkan bahwa karya-karya sebelumnya (Shitlicious pastinya) pasti kurang sebagus / semenarik yang kali ini. Ya, aneh memang, gue yang belum pernah baca Shitlicious kok bisa ya ngomong begitu? Horor.

Kalo gak salah ngitung, novel ini terdiri dari 26 BAB, diantaranya 17 BAB tentang sebagian kisah hidupnya yang dikemas dalam tulisan yang mengundang gelak tawa, 8 BAB tentang tulisan-tulisan sesatnya (sumpah, ada beberapa yang sesat banget!), dan 1 BAB tentang SKRIPSHIT, ya, novel ini sendiri.
        Dimulai dari BAB-BAB awal, yang isinya tentang sebagian kecil cerita awal kisah si penulis mulai kuliah, dan kesan pertama kuliahnya yang sebenarnya semacam ‘aib’ untuk diceritakan, tapi itulah yang mengundang gelak tawa pembacanya. Awal kuliah kok bawa kancut basah di dalam tas? XD
        Ada juga cerita si Alitt yang naksir sama Bencong. Iya, gue gak abis pikir, ternyata Alitt demennya sama yang gituan. Terus cerita dia dicurhatin sama Bencong, serta ceritanya Alitt yang pernah menjadi Bencong. Eh, yang terakhir itu gak ada, deng. ^^v
Di buku ini, Alitt juga banyak nyebut2 nama Supri. Supri itu siapa sih, Lit? pasti semua orang yang laki-laki namanya lo samarin jadi Supri, bahkan kucing lo juga namanya Supri. Kenapa harus Supri?
        Tapi, diantara semua BAB yang nyeritain masa lalu dia yang mayoritas bikin cekikikan, ada satu BAB yang kurang ngeh buat gue. BAB “Ma, Plis Deh…”. Iya, BAB itu. Jadi ceritanya di BAB itu, kadang Alitt suka mau kalo lagi jalan sama Mamanya, soalnya, kadang Mamanya Alitt itu suka bertindak (maaf) kamseupay. Sejelek apa pun tingkah Mama kita, berusahalah gak usah malu kalo mereka bertindak seperti itu. Karna bagaimana pun juga, mereka yang udah ngelahirin kita, ngebesarin kita, dan merawat kita sampai kita bisa jadi seperti sekarang ini. Dan kalau pun kita malu, ya gak usah diumbar kemaluan (baca: rasa malu) kita ke umum. #kesurupan
Lanjut, BAB yang isinya tulisan-tulisan sesatnya itu mayoritas tentang tip-tip gitu. Dimulai dari tip jadi MAPALA, tip kenalan sama cewek, tip hemat ala anak kos, tip menghadapi wanita PMS (Pre-Masturbation Menstruation Syndrome) dan masih banyak. Beli sendiri kalo pengen tau! :p
Dan yang paling ngeh, ternyata ada di BAB2 akhir. Dimulai dari ‘Life is a Journey’. Dari awal baca BAB ini, gue speechless. Bayangin aja, dari kecil, ternyata Alitt ini kurang asupan kasih sayang dari orang tuanya. Orang tuanya cerai waktu Alitt umur 4 tahun, akhirnya dia dititipin sama Kakek-neneknya. Nyokapnya? Nyokapnya merantau ke Jakarta buat cari duit. Dan sejak saat itu, ummm… baca sendiri ya. :p

“Buuu… Supri ada?” tanya gue ke ibunya Supri, sahabat gue. (tuh kan, lagi2 si Supri)
“Eh… ada Alitt. Ada Litt, bentar ibu panggilin.”
Beberapa saat kemudian Ibunya Supri kembali disusul sama Supri.
“Mau pada ke mana sih, Litt?” tanya ibu Supri.
“Gak mau ke mana-mana kok… cuma mau ngajaki Supri sepedaan”
“oh… bentar ya, biar Ibu sisirin dulu rambutnya Supri… biar Supri jadi ganteng.”
Seketika itu, waktu gue liat si Supri disisirin sama ibunya, gue langsung bergegas pulang …………… pemandangan yang baru aja dipamerin Supri dan Ibunya, benar-benar bikin hati gue remuk.
Ya, itu sebagian yang bikin gue bener2 speechless.
        Dan akhirnya gue tau kenapa Alitt gak kelar2 Skripsinya sampe sekarang ini. Kasihan sih sama kenapa Skripsinya enggak kelar2, tapi bikin ngakak. Mungkin kalo skripsi lo udah kelar, lo gak bakal bikin buku ini, Lit. XD

Oya, sebelum gue akhiri, gue mau berbagi coklat beberapa quote dari buku ini, boleh di copy-paste, tapi jangan lupa di akhir quote yang kalian tulis, kasih tulisan “- Skripshit” biar kalian gak dicap sebaga plagiat! ;)
- “Cinta itu memang sering berawal dari hal-hal yang sederhana, tapi rasanya selalu gagal dijelaskan dengan kata-kata” halaman 35.
- “Cinta pada pandangan pertama, dan ilfeel pada pandangan berikutnya”halaman 39.
- “You should consider about yourself before you judge others” halaman 75
- “Rather than having a girl-friend with big breast, I’d prefer to have a girl-friend with big-brain” halaman 200.
- “What fish you get, depends on what bait you give” halaman 204.
- “Nggak ada istilah bohong untuk kebaikan, karna sebuah kebohongan adalah pembelokan dari kebenaran. Saat kebenaran belok, itu bukanlah sebuah kebaikan lagi” halaman 207.
- “Inside every man, there is a little boy” halaman 210
- “Bukankah cinta itu indah karena ke-random-annya?” halaman 240.
- “Tidak ada manusia yang lebih malang di dunia ini,kecuali manusia yang bersahabat dengan kesepian” halaman 256.
- “So, your parents are the best parents for you, no matter how is the way they teach you, how much you hate them, coz they are choosen by God” halaman 260.
- “Lebih baik cacat fisik, daripada cacat moral” halaman 261.
- “Tuhan memang tak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hamba-Nya, tapi dosen akan melakukan hal yang sebaliknyakepada mahasiswanya” halaman 265.
- “Kita harus siap dengan segala perubahan, dan kita tidak boleh terjebak dalam comfort-zone” halaman 271.
- “Dan alasan kedua hujan turun ke bumi adalah untuk menghembuskan rasa rindu di hati para manusia” halaman 273.
- “You have to finish what you’ve started” halaman 281.

Well, that’s all for this post. Oya, gue lupa. Gue mau ucapin banyak terimakasih lho buat Alitt, karna dia enggak bohong soal mau masukin nama gue ke Skripshit. Beneran, nama gue ada di Skripshit lho, guys!! (-________-)
Ini foto buku gue asli lho. :p
 

4 comments :

  1. Makasih buat reviewnya ya kawan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAAHHHHH ADA MAS ALIT DI KOLOM KOMENTAR. :D
      Iya, sama-sama, Mas. Makasih juga mau mampir. :D

      Delete
    2. sip bos, gue yang bantu beliin ni anak buku elo

      Delete
    3. Haha.. Orang diatas ini sangat berjasa.

      Delete